Manfaat Buah Pala buat Kesehatan

http://polasehat.net Buah yang berasal dari kepulauan maluku ini menjadi komoditi perdagangan yang penting sejak masa romawi karena mempunyai nilai dagang yang tinggi. Semenjak zaman eksplorasi eropa pala tersebar luas di daerah tropis lain seperti mauritius dan karabia. Buah pala yang di jual di eropa konon harganya sama dengan harga emas, dan meupakan komoditas yang paling dicari, dan paling mahal saat itu. Kala itu buah pala dipergunakan sebagai pengobatan dan kesehatan yang sangat mahal karena buah pala di datangkan dari tempat sangat jauh.

Setelah membaca kilas balik pala tersebut ternyata buah pala di zaman itu sangat di cari dan konon dimasa setelah itu ada negara yang rela berperang demi merebutkan kawasan pohon pala yang ternyata berada di pulau banda (maluku).

Di indonesia buah pala sering disajikan sebagai hidangan manis yang segar atau dijadikan manisan pala, juga digunakan sebaga bumbu dapur selain itu buah pala memiliki manfaat lain sebagai pengobatan. Berikut beberapa kandungan yang terdapat pada buah pala:

  • Kandungan energi buah pala= 42 kkl
  • Kandungan protein buah pala= 0,3 gr
  • Kandungan lemak buah pala= 0.2 gr
  • Kandungan karbohidrat buah pala= 10.9 gr
  • Kandungan kalsium buah pala= 32 mg
  • kandungan zat besi buah pala= 2 mg
  • kandungan vitamin A buah pala=29 IU
  • Kandungan vitamin B1 buah pala=0 mg
  • Kandungan vitamin C buah pala= 22 mg

Manfaat Buah Pala buat Kesehatan

Rasa buah pala yang masam pedas juga memberikan efek positif bagi tubuh anda. Berikut ini beberapa khasiat buah pala untuk kesehatan.

1. Menyingkirkan Racun dari Tubuh

Stress, rokok, obat, dan pola makan merupakan faktor eksternal yang mengakibatkan penumpukan racun di organ tubuh. Ginjal dan liver adalah dua organ yang paling rentan jadi tempat berkumpulnya racun. Bila di konsumsi, buah pala bisa bermanfaat untuk membuang racun agar tida menumpuk.  Selain itu, buah pala dapat mencegah sekaligus menghancurkan batu ginjal.

2. Mengatasi Gnagguan Pencernaan

Khasiat buah pala bisa digunakan untuk menyembuhkan diare, sembelit, gas, perut kembung dan maslah pencernaan lainnya. Minyak pala biasanya dimanfaatkan untuk meredakan sakit perut dengan menyingkirkan gas berlebih dari dalam organ pencernaan.

3. Mengatasi Kesulitan Tidur

Buah pala sering direkomendasikan sebagai obat insomania alami. Bagi anda yang sulit tidur cobalah minum segelas susu hangat yang ditambahkan sejumput bumbu pala di malam hari sebelum tidur. Kandungan mangnesium ddalam buah pala dapat mengurangi ketegangan saraf, serta mendorong produksi serotonin untuk memberikan efek rileks pada tubuh.

4. Mengatasi Bau Mulut

Khasiat buah pala berkaitan erat dengan fungsinya sebagai anti bakteri. Yang sering kali menjdai penyebab utama dari bau mulut adalah bakteri yang menumpuk di dalam mulut sehingga  menimbulkan bau tak sedap. Sehingga kandungan anti bakteri dalam buah pala mampu membersihkan bakteri tersebut.

5. Menjaga Kepintaran Otak

Kandungan minyak esensial, misalnya macelignan dan miristicin. Merupakan dua komponen minyak esensial ini dibuktikan sanggup menekan proses degradasi fungsi kognitif serta jalur saraf yang seringkali dialami oleh pengidap demensia atau penyakit Alzheimer.

6. Meredakan Nyeri

Buah pala mempunyai kandungan senyawayang menyerupai mentol. Seperti yang kita ketahui, mentol memiliki kemampuan untuk meredakan rasa sakit. Maka dari itu buah pala juga dapat digunakan untuk membantu mengurangi rasa nyeri akibat cidera, luka, atau radang sendi artritis.

Mengkonsumsi sesuatu yang berlebihan memang tidak lah baik untuk kesehatan. Begitu pula dengan mengkonsumsi buah pala, konsumsilah secukupnya saja. Tidak perlu berlebihan, karena kalau berlebihan dalam mengkonsumsinya ditakutkan dapat menimbulkan masalah kesehatan bukanya efek menyembuhkan.

Manfaat Buah Pala buat Kesehatan | willy | 4.5