Fktor-faktor Penyebab Sariawan

Fktor-faktor Penyebab Sariawan-Sariawan atau  dalam istilah kedokteran dikenal dengan ( stomatitis aftosa ) adalah infeksi pada lapisan mulut yang disebabkan oleh jamur  candida albicans.  sariawan merupakan masalah yang sering dialami oleh seseorang. Penyakit ini memang tidak menular namun sangat mengganggu, dan biasanya terjadi ketika  system kekebalan tubuh menurun, mengonsumsi obat-obatan tertentu, atau  memiliki kondisi kesehatan yang khusus.
Walaupun sariawan lukanya terlihat kecil dan sepele namun rasa sakitnya sngat menggangu ketika anda sedang  makan, menggosk gigi, dll.

penyebab sariawan

 Obat kumur atau pasta gigi sodium lauryl sulphate (SLS)
Menurut hasil penelitian bahwa produk SLS yang menghasilkan busa banyak sering ditemukan pada produk pasta gigi dan obat kumur.dengan menggunakan produk SLS maka dapat menyebabkan rongga mulut kering dan lebih mudah teriritasi, sehingga menyebabkan sariawan.

Trauma
Trauma dalam penyakit sariawan  bukanlah yang berhubungan denga nfaktor berkembangnya SAR melainkan factor pendukung terbentuknya SAR (Stomatitis Aphtous Reccurent) Sariawan. Biasanya penyakit sariawan terjadi karena bagian mulut tergigit saat makan, terluka saat menggosok gigi dll.

Genetik
Penyebab sariawan  memiliki factor genetic terhadap terjadinya sariawan.  factor ini besar terjadinya terhadap SAR,  jika kedua orang tua anda menderita SAR maka kemungkinan besar anaknya akan menderita SAR.

Alergi dan Sensitifitas
Penyebab sariawan akibat alergi adalah suatu respon spesifik atau hipersensitifinitas terhadap suatu alergan tertentu yang tidak di ingginkan oleh tubuh. Sensitfinitas pada jaringan mulut seseorang  terhadap kandungan jenis bahan tertentu menyebabkan penderita terjangkit SAR. Biasanya bahan tersebut ditemukan  pada pasta gigi,lipstick, permen karet dll.
Jika sudah terjadi kontak pada bahan sensitif  tersebut maka muoka akan meradang. Setelah itu barulah gejala sariawan akan timbul yang disertai rasa panas terkadang disertai pula rasa gatal, serta dapat berupa vesikel kecil. akan tetapi  hanya bersifat sementara dan setelah itu akan pecah membentuk daerah erusi kecil kemudian akan berkembang menjadi SAR.

Stress
Penyebab sariawan akibat stress  merupakan suatu respon dari tubuh  manusia yang berfungsi menyesuaikan diri terhadap perubahan lingkungan sekitar yang terjadi terus menerus serta sangat  berpengaruh terhadap fisik dan emosi orang tersebut. Stress dapat dinyatakan  sebagai salah satu penyebab sariawan yang berperan tidak langsung terhadap ulser stomatistis rekuten tersebut.

Defisiensi Nutrisi
Umumnya terjadi akibat definisi kurangnya nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh manusia, antara lain definisi zat besi , zink,asam folat, vitamin B, sehingga dapat menimbulkan terjadinya sariawan.

Hormonal
Dalam segi Hormonal, biasanya para wanita sering mengalami SAR pada masa pra-menstruasi. Dan biasanya wanita mengalami penurunan hormon esterogen dan progesteron  secara tiba-tiba  menjelang menstruasi.  Seehingga  dengan terjadinya penurunan hormon esterogen tersebutlah yang dapat mengakibatkan penurunan darah, dan pada akhirnya suplai darah ke prifer ikut menurun.
Tentunya hal tersebutlah yang menggakibatkan gangguan keseimbangan pada sel termasuk pada rongga sel  pada mulut manusia, ataupun melambatnya proses kratinisasi.kemudian,  akibatnya timbulah reaksi yang berlebihan pada jaringan mulut yang sangat rentan terhadapiritasi local sampai mudahnya terjadi SAR. Sedangkan pada hormone progesterone juga sangat berperan untuk mengatur pergantianepitel mukosa mulut.

Infeksi bakteri
Infeksi bakteri merupakan factor penyebab yang paling umum dan pemicu terjadinya sariawan. Sehingga kebersihan pada mulut harus di jaga dengan baik, agar tidak terjadi infeksi pada mulut.

Penyakit Sistemik
Mungkin ada beberapa pasien yang mengalami kesulitan untuk menghilangkan dan mengatasi SAR yang timbul secara terus menerus mungkin anda harus melakukan pengujian  oleh dokter, untuk dapat mempertimbangkan  keberadaan penyakit sistemik pada tubuh anda. Berikut ini ada beberapa kondisi medis yang sering dikaitkan dengan keberadaan ulser di rongga mulut seperti penyakit difungsi neurofil, penyakit HIV-AIDS, penyakit behcet’s, penyakit gastrointestinal dan sindron sweet’s.

Selain itu penyebab sariawan adalah penggunaan obat-obatan seperti  obat anti infamatori, beta blokeragen kemoterapi dan nicorandil yang kemungkinan bisa menyebabkan resiko  terjangkit SAR.

Fktor-faktor Penyebab Sariawan | willy | 4.5