Cara Mengobati Sakit Perut

Cara Mengobati Sakit Perut,- Rasa sakit perut pada umumnya pernah dialami oleh semua orang. Sakit perut bisa terjadi karena memakan sesuatu yang kurang tepat, atau salah makan sehingga menimbulkan rasa sakit pada perut.

Akan tetapi, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang serius dan berbahaya. Tak ada salahnya bila kita mengenali dahulu gejala sakit perut untuk mengetahui penyebab dan pengobatan yang paling tepat.

Jenis-jenis sakit perut

  • Sakit perut karena diare > muncul sakit perut ini disebabkan karena pengaruh bakteri yang mengakibatkan peradangan pada perut
  • keram perut akibat masuk angin > biasnya sakit perut ini disertai dengan kembung dan bersendawa. Penyebab sakit perut ini disebabkan adanya angin yang masuk kedalam tubuh, dan sering terjadi saat perut kosong dan mengendarai sepeda motor.
  • sakit perut secara mendadak dan parah > ada beberapa penyakit yang terjadi menjadi penyebab sakit perut mendadak seperti batu ginjal, tukak pepitik, divertikualitis, radang usus buntu, dan batu empedu. Penyakit tersebut sangat serius, segera hubungi dokter atau ahlinya jika mengalami sakit perut tersebut.
  • sakit perut kambuhan atau kronis > rasa sakit tersebut muncul secara berkala dalam jangka waktu tertentu. Beberapa penyebab penyakit tersebut antara lain menstruasi, maag, kontipasi, dan infeksi saluran kemih.

Cara mengobati sakit perut dengan bahan alami

1. Jambu biji

Jambu biji mampu meningkatkan penyerpan air pada bagian usus, sehingga cukup baik untuk mengatasi sakit perut akibat diare. Anda dapat mengkonsumsi jambu biji bila perut anda sakit yang diakibatkan makanan pedas, sembelit dan diare.

Anda dapat memakan/mengkonsumsi buah jambu biji setengah matang secara langsung atau membuatnya dalam bentuk jus. Bila dalam waktu tiga hari hasilnya belum terlihat, konsumsi juga air rebusan daun jambu buji muda minimal satu kali sehari.

2. Jus wortel

Wortel memiliki kandungan kalium yang tinggi sehingga dapat melancarkan pencernaan dalam tubuh, salah satunya pada saat pembentukan tinja.

Anda juga dapat menambahakan daun mint untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selain mengatasi sakit perut, kandungan mineral alami pada wortel dan daun mint juga dapat mengurangi nyeri akibat peradangan lambung.

3. Yughurt

Yoghurt merupakan minuman probiotik yang sangat baik untuk menjaga sistem pencernaan, melanarkan BAB, dan meningkatkan imun. Manfaat inilah yang menjdaikan yoghurt ampuh dalam mengobati sakit perut.

Konsumsilah yoghurt sebanyak 4-5 sendok makan sebelum sarapan atau pun tidur.

4. Pepaya

Buah pepaya diperkaya dengan kandungan serat yang tinggi, jadi bisa melancarkan sistem pencernaan. Nmun tidak semua jenis sakit perut bisa diobati dengan buah ini.

Bila sakit perut yang diakibatkan oleh masuk angin sebaiknya jangan mengkonsumsi buah pepaya, karena kandungan seratnya yang tinggi dapat meningkatkan produksi angin dalam tubuh.

5. Cuka sari Apel

Cuka sari apel mengandung antioksidan tinggi yang dapat mengobati berbagi macam penyakit salah satunya sakit perut. Namun bila sakit perut akibat maag usahakan jangan mengobati menggunakan cuka sari apel, karena sifat cuka yang asam.

Pengobatan menggunakan cuka sari apel cukup mudah. Larutkan satu sendok makan ramuan ini bersama dengan tiga sendok makan madu dan segelas air hangat. Minumlah secara teratur satu kali sehari. Jangan menggunakan cuka sari apel apabila anda penderita maag.

6. Pisang

Buah pisang memiliki kandungan postasium, kalium, dan elektrolit tinggi yang dapat membantu memlihara pencernaan, mencegah dehidrasi, bahkan dapat membuang racun yang berbahaya dari dalam tubuh.

7. Teh Jahe

Untuk mengatasi sakit perut anda dapat mengobatinya menggunakan teh yang dicampur dengan jahe. Meskipun belum ada penelitian untuk menggobati sakit perut, namun orang-orang terdahulu sering menggunakanya sebagai obat sakit perut.

cara pembuatanya ialah:

  • buat teh hangat seperti biasa,
  • tumbuk jahe sebesar ibu jari dan masukan kedalam teh yang masih panas
  • tunggu sekitar 5 menit. Tambahkan sedikit gula agar lebih nikmat
  • minumlah selagi hangat. Agar hasilnya maksimal konsumsilah sebelum makan.

8. Buah salak

Buah salak sudah dipercaya sejak dulu digunakan sebagai obat untuk mengatasi sakit perut terutama bila sakit perut akibat diare.

Konsumsilah 2-3 buah salak dalam satu hari untuk mengatasi sakit perut akibat diare.

9. Air Kelapa muda

Selain rasanya segar air kelapa muda memiliki kandungan berbagai mineral alami dan elektrolit yang dapat mengatasi sakit perut.

Kanduangan kalium dalam air kelapa dapat mengeluarkan racun penyebab sakit perut. Dengan demikian air kelapa dapat menjadi obat sakit perut akibat keracunan makanan tertentu. Minumlah minimal satu gelas sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Saat melakukan pengobatan tersebut
-perbanyaklah istirahat,
-makanlah dalam porsi kecil dan ringan, seperti roti kering atau biskuit, cemilan pisang dll
-hindari minuman yang bersoda
-jangan mengkonsumsi makanan pedas
-jangan mengkonsumsi makaan yang tinggi lemak
-lakukan olahraga secara teratur

Apabila gejala sakit perut tidak membaik selama 2-3 minggu pengobatan atau disertai dengan gejala seperti di bawah ini sangat disarankan untuk segera menemui dokter.

-ketika muntah-muntah selama beberapa hari
-serangan demam yang tak kunjung sembuh
-tidak bisa buang air besar sama sekali
-rasa sakit yang berasal dari cedera pada bagian perut
-perut tersa sakit bila disentuh
-muntah darah
-buang air besar disertai dengan bercak darah
-kesulitan bernafas
-merasa sakit perut ketika hamil.

semoga beberapa cara mongobati sakit perut tersebut dapat membantu mengatasi masalah sakit pada bagian perut yang sedang anda alami.

dan jagalah selalu kesehata badan dan fikiran, juga jaga iman.

Salam Sehat…..

Cara Mengobati Sakit Perut | willy | 4.5