Cara Mengobati Mata Bengkak

Mata merupakan bagian yang sensitive, apalagi bila terjadi pembengkakan di mata rasanya pasti tidak nyaman. Pembengkakan di mata bisa disebabkan oleh banyak hal diantaranya karena infeksi mata, usai mengais sampai adanya cidera di sekitar mata. Oleh karena itu perlu di atasi segera. Tidak ada salahnya bila mencari tau masalah mata bengkak terlebih dahulu sebelum megobatinya.

Penyebab Mata Bengkak

Kuurang tidur.- kurangnya waktu tidur dalam jangka wktu yang lama membuat mata menjadi lelah, sehingga bisa menyebabkan mata membengkak. Kortisol juga akan dilepaskan saat tubuh seorang tidur. Hormon stress ini kemungkinan bisa memecah kolegan sehingga secara lambat laun kulit akan berkerut dan tidak kenyal lagi.

Genetik,- faktor ini bisa menyebabkan mata terlihat bengkak walupun dia tidak sedang menangis ataupun tidak sedang kekurangan tidur. Mungkin orang tersebut memiliki bentuk mata yang demikian karena faktor genetik atau keturunan.

Menangis,– Menagis dalamwaktu lama meebuat mata membengkak karena adanya retensi cairan pada kelenar mata di sekitar kelopak mata.

Flu dan Sinusitis ,- Sinisitis adalah peradangan di sekitar rongga hidung, yang ditandai dengan gejala pilek, hidung tersumbat dan nyeri pada wajah. Saat terjadi flu atau terjadi sinusitis, akan timbul retensi cairan pada kelenjar mata sehingga menyebabkan pembengkakan pada kelopak mata.

Diet,– Mengkonsumsi makanan yang terlalu tinggi garam akan menyebabkan tubuh menahan cairan dan membuat mata bengkak.

Cidera pada area mata atau sekitar kelopak mata,- cidera pada daerah mata akan menjadikan mata lebam.  Hal ini tentu dapat membuat kelopak mata menjadi bengkak.

Reaksi Alergi terhadap obat,- Reaksi  alergi terhadap bebrapa obat tertentu akan membuat menjadi bintik seperti lebam dan bintik bintik merah juga akan mempengaruhi bentuk mata sehingga menjadi bengkak.

 Polusi,- Polusi akan membuat mata iritasi sehingga mata menjadi bengkak karena reaksi inflamasi.

Cara Mengobati Mata Bengkak Secara Alami

Dengan Memakai Mentimun

Asam askrobat dan asam caffeic di mentimun akan membawa retensi air ke mata. Hal ini akan mengurangi pembengkakan dan bengkak di sekitar mata. Dinginkan irisan timun selama 10 menit setelah itu tempatakan irisan mentimun di mata.

Memakai Teh Celup

Kandungan kafein pada teh dapat membantu mengurangi bengkak atau sebagai vasoconstrictor. Adapun cara pengunaanya, ambil 2 teh celup, dan seduh dengan air panas, lalu angkat dan diamkan sebentar hingga hangat. Setelah itu kompreskan pada mata yang bengkak, tutup dengan kain selama 5-10 menit. Untuk jenis teh celup anda bisa memakai teh hijau atau teh hitam.

Memakai Kentang 

Kentag juga dapat di gunakan untuk mengatasi mata bengkak. caranya, cuci dan kupas kentang sapai bersih lalu biarkan mengering. Kemudian parut kentang. bungkus parutan kentabg dengan kain kemudian kompreskan pada mata.

Memakai Obat Tetes Mata 

Pastikan anda membeli obat tetes mata yang telah dipercaya. Atau belilah di berbagai apotek. Gunakan obat tetes mata sesuai dengan petunjuk penggunaan yang ada pada brosur kemasan.

Mengobati mata Bengkak dengan es Batu

Cara ini sangatlah mudah dan sering dilakukan oleh banyak orang. yaitu dengan mengompres es batu. Namun untuk mengatasinya dengan cepat anda cukup membasuhnya dengan air dingin saat mandi atau wudhu. Bisa juga menggunakan sendok yang di taruh dalam kulkas diamkan beberapa menit sendok tersebut kemudian tempelkan pada bagian mata yang bengkak.

Semoga tips ini dapat membantu anuntuk mengatasi mata bengkak yang mungkin sedang anda alami atau rekan-rekan disekeliling anda.

 

infeksi mata dan bengkak
Cara Mengobati Mata Bengkak | willy | 4.5