Cara Mengobati Biduran

http://polasehat.net-Mungkin anda pernah merasakan rasa gatal, jika anda biasanya merasakan rasa gatal akibat gigigtan nyamuk itu sudah biasa. apakah anda pernah mendengar biduran? Biduran atau aurtikaria adalah reaksi kulit yang ditandai dengan bilur berwarna merah atau putih yang terasa gatal. Bilur ini dapat menyebar ke bagian permukan kulit yang lain. Ukuranya pun bisa berbeda-beda, dari beberapa milimeter hingga sebesar tangan. Biasanya timbul disebabkan karena alergi.

Penyebab Biduran atau Urtikaria

Munculnya bilur di kulit biasnya dipicu oleh tingginya kadar histamin dan senyawa kimia lain yang dilepaskan oleh lapisan bawah kulit, sehingga menyebabkan pembengkakan jarngan. Hisatamin terkadang dapat menyebabkan kebocoran cairan plasma dari pembuluh darah, sehingga terjadi penumpukan cairan atau angiodema. Kelebihan cairan juga dapat menyebabkan kulit bengkak dan teraasa gatal.

Cara Mengobati Biduran Secaara Alami

1. Daun Sirih

Daun sirih merupakan salah satu daun yang dapat menyembuhkan biduran pada kulit. Untuk menyembuhkan biduran pada kulit dengan menggunakan daun sirih ialah , -pertama siapkan beberapa lembar. -rebuslah dengan air hingga mendidih, -kemudian saring air tersebut dan minum ramuan tersebut untuk mengatasi dari dalam.

2. Air Kelapa Hijau

Salah satu khasiat air kelapa hijau adalah membantu menetralisir racun yang ada dalam tubuh, sehingga air kelapa hijau dapat membantu menyembuhkan biduran pada kulit, Caranya ialah cukup mengonsumsi air kelapa yang masih hijau.

3. Kompres Dingin

Menggkompres dengan air dingin tujuanya adalah untuk menggurangi rasa gatal akibat biduran. Caranya sederhan gunakan waslap kemudian dibashi dengan air dingian atau air es, lalu tempelakan pada permukaan kulit yang gatal akibat biduran.

4. Leunca 

Leunca dapat anda gunakan obat herbal untuk mengatasi biduran. Sediakan tanaman leunca yang dibersihkan beserta akarnya. Tumbuk leunca tersebut. Lalu balurkan leunca tersebut pada kulit yang terkena biduran sebanyak 2 kali dalam sehari.

5. Minyak Kayu Putih dan Minyak Zaitun

Anda bisa memeanfaatkan minyak kayuputih dan minyak zaitun sebagai obat luar atau oles. Sediakan satu sendok minyak zaitun dan minyak kayu putih lalu campurkan kedua minyak tersebut hingga tercampur merata. Oleskan kedua minyak tersebut pada permukaan kulit yang terkena biduran.

Mengobati Biduran Dengan Obat

Ada dua jenis biduran yaitu urtikaria akut yang sifatnya berlangsung singkat (haya sebentar). dan urtikaria kronik sifatnya berlangsung lama tak hlang-hilang atau hilang timbul.

Mengobati urtikaria akut

Solusi pertama ialah karena bekerjanya cepat meredakan gatal dan kemerahan adalah dengan cara minum obat. antara lain:

Anthistamin

Anthistamin akan bekerja memblokir histamin yang menimbulkan biduran, sehingga membantu menghilangkan rasa gatal dan mengurangi ruam atau kemerahan. Contoh obat anthistamin:

  • Cetirizen
  • fexofenadine
  • loratadine
  • CTM
  • lterhstin

Sebelum menggunakan obat tersebut bacalah terlebih dahulu dosis, kontradiksi dan efek samping karena sebagian dapat menyebabkan efek kantuk.

Kortikesteroid

Cara pemakian obat ini akan diresepkan oleh dokter dengan dosis yang tiggi, contohnya predinson, metil predinsolos, dan dexametason. Kortikosterod ini bisa mengatasi biduran dengan cara menekan sistem kekebalan tubuh sehingga gejala urtikaria akan menjadi ringan.

Pemakaian kortikosteroid biasanya hanya 3-5 hari. Tidak dianjurkan penggunaan dalam jangka panjang karena dapat menyebabkan efek samping dan komplikasi seperti tekanan darah tinggi (hipertensi), glaukoma, katarak, dan diabetes.

Mengobati Urtikaria Kronik

menggobati biduran yang berkepanjangan akan lebih kompleks, karena selain mengobati biduran yang masih berlangsug juga harus berusaha menghidari pemicu yang membuat biduran lebih buruk atau kambuh lagi.

Bila anda memiliki urtikaria kronis  dan angioedoma (pembengkakan lapisan kulit lebih dalam), anda mungkin akan dirujuk ke dokter kulit. Karena angioedema berpotensi lebih serius dan dapat mneyebabkan sesak nafas.

Anthisatamin 

Biduran kronis juga diobati dengan anthistamin. Saat gejala berlangsung obat ini mungkin harus selalu anda sediakan. Peningkatan dosis mungkin daianjurkan bila biduran tak kunung membaik. Namun hanya dapat diperbolehakan atas intruksi dokter yang bertanggung jawab atas perawatan anda.

Jenis anthistamin yang lebih baru disebut antihistanin rupatadine lebih efektif dalam mengobati kahasus biduran yang lebih parah yang tidak mempan terhadap anthistamin lain.

Menthol Cream

Menthi Cream dapat digunakan sebagai alternatif karena dapat membantu meringankan gatal.

Tablet kortikosteroid

Kadang, Biduran yang lebih serius bisa diobati dengan dosis singkat tablet kortikosteroid, seperti prednisolon. Kemugkinan yang ditimbulkan oleh kortikosteroid meliputi nafsu makan dan berat badan, perubahan hati dan suit tidur. TAPI INGAT ! penggunaan kortikosteroid dalam jangka panjang menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Antagonis reseptor leukotrin

Adlah jenis obat yang dapat membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan akibat biduran. Obat ini dapat menjadi alternatif pengobatan jangka panjang sebagai pengganti tablet kortikosteroid karena obat ini tidak memiliki resiko efek samping seperti steroid. Obat ini jarang menimbulkan efek samping, dan relatif ringan seperti sakit kepala dan mual.

Semoga Artikel ini bermanfaat, selalu ikuti petunjuk pengobatan sebelum menggunakan/mengkonsumsi obat-obatan dan juga mntalah resep dokter bila anda menderita penyakit lain sebelum melakukan pengobatan.

semoga anda sehat selalu, lakukan pola hidup sehat dan lungkanlah sedikit waktu untuk berolahraga.

 

 

 

Cara Mengobati Biduran | willy | 4.5