Bagaimana, Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda

Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda– Baking soda merupakan sodium bikarbonat murni. Formula kimianya NaHCO3, baking soda berbentuk bubuk putih dengan biji-biji kristal yang bersifat basa lemah sehingga brguna untuk menetralisasi asam dan memecah protein. Baking soda atau sodium bikarbonat juga dapat digunakan untuk memutihkan gigi.

Baking soda merupakan pembersih yang efektif, yang dapat digunakan untuk menghilangkan perubahan warna kulit pada gigi. Keuntungan lain memakai baking soda ialah menghilangkan bau mulut serta mencegah bebrapa penyakit gigi dan gusi. Bahan ini mampu menjagkau celah-celah dan retakan yang terbentuk pada enamel, sehingga dapat menghilangkan noda pada gigi.

1.Cara Memutihkan Gigi Dengan Peroksida dan Baking Soda

Hidrogen peroksida merupakan bahan kimia yang memiliki sifat pemutih kuat sehingga dapat digunakan bersama dengan baking soda untuk memutihkan gigi, cara pemakaianya ialah:

  • Campurkan 1 sendok teh hidrogen peroksida dengan 1 sendok teh baking soda, campurkan keduanya hingga membentuk pasta. Campurkan puala sedikit garam, garam ini akan mengelupas lapisan kotoran pada gigi anda saat anda menyikat gigi.
  • Usahakan saat menyikat gigi tidak melukai gusi.
  • Setelah menyikat gigi diamkan selama 1-2 menit. Kemudian bilas dengan air atau muthwas.
  • Sikat gigi anda dengan pasta gigi untuk menyingkirkan sisa-sisa campuran hidrogen peroksida kedalam mulut.

Note: Saat  membeli Hidrogen peroksida dari apotek, pastikan kandungan larutan tersebut memiliki kandungan 3% atau kurang, terdapat tanda keperluan rumah bukan keperluan industri. Cara ini hanya untuk memutihkan gigi tidak dapat digunakan setiap hari sebagai pengganti pasta gigi.

2. Cara Memutihkan Gigi Dengan Campurkan soda kue/baking soda dengan air atau lemon

Didalam kandungan baking soda  yang di dalamnya akan bekerja layaknya scrub yang dapatmengangkat lapisan halus skalipun pada gigi yang kuning. Cara pemakaianya ialah:

  • Campurkan 1/2 sendok teh soda kue dengan beberapa tetes air atau lemon dalam mangkok kecil.
  • Gunakan sikat gigi atau jari untuk enggosokan ke gigi. Pastikan untuk menggunakan sikat berbulu halus dan menyikat gigi dengan lembut. Hati- hati rasa soda tidak terlalu lezat.
  • Usahakan campuran membentuk pasta sehingga mudah digunakan. Jika noda yang ingin anda hilangkan cukup pekat, sebaiknya oleskan pasta soda kue langsung ke prmukaan gigi dan biarkan selama 1 menit.Jangan menyikat gigi lebih dari 2 menit karena bahan tersebut merupakan bahan abrasif ringan yang pada akhirnya dapat mengerosi enamel( enamel atau email adalah lapisan paling luar gigi yang bisa di lihat gigi lapisan ini mengandung 5% air dan 95% zat inorganik hidroksi apalit (senyawa kalsium fospat) dan zat organik (protein dan mukopolisakarida)). jangan menyikat gigi secara menyamping, sikatlah ke atas /bwah.
  • Setelah itu berkumur-kumur denga air hingga bersih dan bisa juga berkumur menggunakan obat kumur.

Lakukan proses mnyikat gigi dengan soda kue ini setiap dua hari sekali selama 1 atau 2 minggu. Setelah itu perbedaan warna gigi akan mulai tampak setelah beberapa minggu. Anda bisa mengurangi frekuensinya menjadi skali atau dua kali seminggu. Sifat abrasif  pada soda kue dapat merusak enamel gigi jika digunakan terlalu sering.

Ketahuilah bahwa menyikat gigi dengan soda ii tidak bisa dijadikan pngganti menyikat gigi biasa. Menyikat gigi seperti biasa dapat membantu mencegah penyakit gusi, timbunan plak, pembentukan lubang serta menjaga kesegaran nafas. Sebelum mencoba memutihkan gigi dengan baking soda/soda kue , konsutasikan terlebih dahulu dengan dokter gigi untuk memastikan kesehatan gigi anda, karena mungkin gigi anda kekurangan mineral pada enamelnya sehingga tiddak boleh menggunakan perawatan ini karena sifatnya yang abrasif.

Selamat mencoba semoga informasi ini membantu mengatasi masalah gigi anda supaya tampak putih.

 

Bagaimana, Cara Memutihkan Gigi Dengan Baking Soda | willy | 4.5